'Idul Adha, Perayaan Sarana Pendekatan Diri Kepada Allah

1 comment
Bismillah..

Hari ini kita merayakan hari rayanya Orang Muslim di seluruh dunia, hari raya 'Idul Adha. Hari raya ini juga kadang disebut orang-orang sebagai hari raya haji karena memang waktunya saat orang-orang yang beruntung menunaikan ibadah haji. Semoga kita semua diberikan kesempatan oleh Allah untuk menunaikan ibadah rukun Islam kelima ini.

Pada hari raya ini kita disunnahkan untuk berqurban. Di Indonesia umumnya berqurban sapi atau kambing. Ibadah ini adalah ibadah yang sangat berkaitan dengan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Juga termasuk ibadah Haji. Nabi Ibrahim diuji oleh Allah untuk menyembelih anak kesangannya Ismail. Nabi Ibrahim dengan taatnya meski harus kehilangan anaknya akhirnya mau. Dan inilah awal perintah untuk berqurban, saat Nabi Ibrahim akan menyembelih anaknya, digantilah oleh seekor domba oleh Allah SWT. Koreksi jika saya salah.

Ibadah Qurban ini adalah sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan pendekatan diri kepada Allah. Namun tentu saja disamping itu banyak sekali manfaat bagi sesama manusia.

Bagi yang mampu, menyembelih sapi dan kambing lalu membagikan dengan orang sekitar membuat mereka yang jarang memakan makanan enak bisa memakan lauk daging, sate, sop, dsb. Ganjaran untuk mereka yang berqurban akan dimudahkan ketika melewati jembatan Shirotolmustaqim. Aamiin.

Ikhlash, sebuah sifat, karakter, dan niat beribadah juga bisa kita pelajari dari 'Idul Adha. Keihlasan saat menjalankan ibadah, hanya kepada Allah. Hidup kita, mati kita, tidak lain tidak bukan hanya untuk Allah.

Semoga kita semua bisa mendapatkan tempat sebaik-baiknya tempat di sisi Allah di akhirat nanti, aamiin.

sentika.files.wordpress.com

1 komentar:

  1. Idul Adha 2015, Hari Raya Besar, beri Kebahagian dengan berqurban AYO BERQURBAN
    bantu share agar lebih manfaat

    Berbagi Qurban, Berbagi Kebahagiaan Please visit Hewan Qurban

    BalasHapus